Tips Cara Merawat Bayi Baru Lahir Yang Baik Dan Benar

Kehadiran buah hati dalam keluarga merupakan kebahagiaan yang tiada tara bagi pasangan suami istri apalagi untuk pasangan baru,karena merupakan suatu nikmat dan anugerah yang diberikan Alloh SWT.memiliki anak merupakan pelengkap dalam sebuah rumah tangga,namun perlu diketahui merawat bayi baru lahir sangat susah susah gampang perlu ekstra hati hati dalam perawatnnya apalagi untuk ibu yang baru saja memiliki momongan.

Oleh karena bagi anda yang kebetulan baru memiliki buah hati perlu informasi yang baik dan benar soal perawatan bayi baru lahir,sehingga bisa dijadikan panduan oleh kita agar tidak terjadi apa apa pada bayi kita,karean merawat bayi bukanlah perkerjaan yang mudah. Bayi baru lahir harus mendapatkan perlakukan yang ekstra dari Anda agar ia bisa tumbuh sehat dan cerdas.


Berikut Cara Merawat Bayi Baru Lahir Yang Baik Dan Benar yang dapat kami berikan untuk anda yang baru saja memiliki anggota keluarga baru semoga bermanfaat:

- Merawat Tali Pusat Bayi

Tali pusat bayi akan terlepas dengan sendirinya dalam waktu 4-7 hari,namun pada kondisi tertentu lepasnya tali pusat bisa lebih lama,yakni 1 bulan.
Merawat tali pusat merupakan hal yang sangat sulit untuk ibu baru.
Intinya, tali pusat harus dijaga kebersihannya agar bayi terhindar dari resiko infeksi.
Berikut ini cara merawat tali pusat bayi :
1. Pastikan tali pusat dan daerah sekitarnya selalu kering dan higienis, agar terhindar dari infeksi dan jamur.
2. Hindarkan tali pusat dari kotoran bayi maupun air kencingnya.
3. Berikan perhatian khusus untuk tali pusat dengan cara mensterilkan tali pusat dengan kasa yang dibasahi alkohol 70% dari pangkal ke bagian ujungnya,kemudian bungkus dengan kasa yang dibasahi alkohol dengan rapi.Lakukan ini hingga tali pusat sudah kering dan lepas dengan sendirinya.

- Berikan ASI untuk makanan utama bayi baru lahir.

ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi baru lahir,karena mengandung colostrum dan zat-zat penting lainnya yang bagus untuk imunitas dan tumbuh kembang bayi.

- Menjaga kebersihan badan, pakaian, dan tempat tidur bayi.

Menjaga kebersihan badan bisa dilakukan dengan cara memandikan atau menyeka bayi dua kali sehari.
Gunakan produk-produk khusus bayi yang aman,dari mulai sabun mandi,shampo,bedak,dan tissue basah.
Untuk pakaian,pastikan dicuci terlebih dahulu sebelum dipakai.
Cuci pakaian bayi dengan detergen khusus bayi (cair) karena tidak menyisakan residu di pakaian yang menjadi penyebab iritasi kulit dan hindari penggunaan softener.
Pastikan kamar tidurnya bersih dan sirkulasi udaranya berfungsi sempurna.

- Kosmetika Bayi.

Kosmetika bayi banyak macamnya,ada baby bath,baby shampoo,baby oil, baby lotion,baby powde,baby cream,baby cologne dan hair lotion.
Sebenarnya tidak semuanya dibutuhkan oleh bayi,jadi bijaksanalah dalam memilih.
Apa pun  merknya,gunakan produk yang sudah teruji secara klinis atau Clinical Proven Mild (CMP).
Jika bayi bereaksi negatif saat dipakaikan kosmetika tertentu,misalnya timbul bercak-bercak merah di kulit,maka kemungkinan ia alergi pada kandungan kosmetika tersebut.
Hentikan pemakaian.

- Ciptakan Lingkungan Yang Nyaman

Ciptakan lingkungan yang tidak ramai,terlalu dingin atau panas dan terlalu silau.
Jangan lupa juga cegah gigitan nyamuk pada bayi.
Jangan gunakan obat nyamuk dalam bentuk apapun karena kandungannya bisa menempel pada peralatan bayi dan terhirup.Cara terbaik adalah dengan memasang kelambu.

- Mengenali Penyakit Yang Sering Di derita Bayi Baru Lahir.

Kolik,ruam popok,hidung mampet,infeksi mata,lidah berjamur dan demam pasca imunisasi adalah beberapa penyakit langganan bayi baru.
Saat mengalaminya,bayi akan rewel dengan tangis yang tidak biasa.Cepat cari tahu dan atasi.
Jika Si Kecil ruam popok,buka popoknya bersihkan,dan biarkan dia tanpa popok–diangin-angin –sementara waktu.Hidung mampet,infeksi mata,demam pasca imunisasi dan lidah berjamur dapat diantisipasi dengan  resep obat dari dokter.Sedangkan kolik  yang umumnya tidak dapat disembuhkan,bisa diatasi dengan membuat bayi nyaman;diayun-ayun,disusui,atau diusap-usap perutnya.

-Mengetahui Kegiatan yang Dibenci Bayi.

Kebanyakan bayi tidak suka acara lepas-pakai baju,mandi,keramas,diberi obat tetes mata dan tetes hidung hidung.
Bisa-bisa dia mengamuk! Solusinya? lakukan kegiatan ini dengan cepat,namun tetap hati-hati.
Alihkan perhatian bayi dengan mengajaknya bercakap-cakap,memberi pelukan dan ciuman.

- Orang-orang di Sekitar Bayi.

Bayi memang menggemaskan,tetapi,perlakukanlah dia sewajarnya.
Jika terlalu banyak orang yang menggendong dan mengajak bercanda,jika sedikit-sedikit pakaiannya diganti,sedikit-sedikit  diberi makan,atau jika Ayah dan Bunda bereaksi berlebihan terhadap tangisannya,bayi bisa stres juga.
Selain itu,perasaan bayi yang halus membuatnya dapat “menangkap” suasana hati ibu sebagai orang terdekatnya.
Ketika mood ibu jelek akibat kelelahan misalnya,bayi bisa tahu dan  dia pun ikut-ikutan rewel.
Jadi,jagalah suasana hati Anda  di dekat bayi.
Kalau perlu istirahat,serahkan bayi pada pengasuh lainnya di rumah.

Semoga Tips Cara Merawat Bayi Baru Lahir diatas bermanfaat bagi para ibu yang baru mempunyai momongan

Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak Dan Tidak Rewel

Bagi orang tua yang memiliki bayi kejadian ini pasti pernah mengalaminya yaitu bayi sulit tidur atau tidur tidak nyenyak di malam hari maka akibatnya Saat malam hari seringkali orangtua tidak dapat tidur dengan nyenyak karena bayinya sering terbangun.

Pada dasarnya siklus tidur bayi lebih singkat daripada siklus tidur orang dewasa, karena bayi memiliki masa tidur yang tidak lelap lebih banyak dibandingkan tidur lelapnya. Karena definisi medis untuk tidur sepanjang malam adalah tidur dalam waktu lima jam terus menerus.
Bayi biasanya terbangun 2-3 kali setiap malamnya sejak bayi baru lahir hingga usia 6 bulan, 1-2 kali untuk usia 6 bulan hingga satu tahun dan terbangun 1 kali pada usia satu hingga dua tahun.

http://roromotan.blogspot.com/

Nah untuk itu disini kami coba berikan Tips Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak Di Malam Hari yang bisa dilakukan orang tua sehingga akan bisa membuat bayi tidur dengan nyenyak.berikut ini tips yang dapat kami berikan:

-Bantulah bayi memahami bahwa siang hari saatnya makan dan malam hari saatnya tidur atau istirahat. cobalah untuk memberi makan bayi setiap 3 jam sekali di siang hari.

-Gendonglah bayi pada siang hari. Meningkatnya frekuensi kedekatan dan keakraban meningkatkan ketenangan dan bayi yang tenang pada siang hari cenderung tenang juga pada malam hari.

-Kenyangkan bayi sebelum tidur. Usahakan untuk menyusui bayi hingga kenyang sebelum tidur dan saat bayi terbangun di malam hari. Kenakan baju tidur bayi yang tepat.

-Cobalah untuk menggunakan berbagai baju tidur bayi untuk melihat baju apa yang dapat membantunya tidur lebih tenang. Umumnya bayi dapat tidur lebih baik jika bajunya terbuat dari bahan katun.

-Rebahkanlah bayi di tangan ibu. Kehangatan tangan ibu bisa memberikan sentuhan tambahan yang dibutuhkan bayi untuk membantunya tertidur sambil memberikan tepukan lembut di punggung atau bokong bayi.Lepaskan tangan secara perlahan agar tidak membangunkannya.

-Buatlah tempat yang tenang untuk tidur bayi. Umumnya bayi bisa membiasakan diri untuk tidak terjaga dengan suara-suara yang sering didengarnya, tapi akan terbangun jika mendengar suara yang mendadak atau mengagetkannya. Tentukan temperamen bayi di malam hari.

-Setiap bayi berbeda temperamennya, ada bayi yang bisa menenangkan diri sendiri tapi ada juga yang merengek saat bangun. Jika cepat menghampiri bayi sebelum benar-benar terbangun, maka lebih mudah untuk menidurkannya kembali.Orangtua tidak bisa memaksa bayinya untuk tidur.

Semoga Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak Dimalam Hari diatas dapat bermanfaat untuk kita semua